Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

32 ODGJ Berat Se-Kab.Cirebon, Dievakuasi Masal Untuk Diobati Gratis oleh Dinsos Bersama RSJMM Bogor.

Jumat, 08 Maret 2024 | Jumat, Maret 08, 2024 WIB | Views Last Updated 2024-03-09T06:22:56Z

Infokasus.com Rabu, 06 Maret 2024.
Sungguh luar biasa gebrakan Pemda Kab.Cirebon melalui Dinas Sosial kali ini, tidak tanggung-tanggung, sebanyak 32 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) atau Penyandang Disabilitas Mental (PDM) Berat, yang berasal dari 40 Kecamatan, 12 Kelurahan dan 412 Desa, berhasil dikumpulkan di satu tempat, yaitu di UPTD PPKS (Rumah Singgah) Dinsos Kab.Cirebon, yang berlokasi di wilayah Lemah Abang Sindang Laut Kab.Cirebon, untuk dilakukan Pemeriksaan dan Evakuasi Masal guna mendapatkan Pengobatan Gratis di Pusat Kesehatan Jiwa Nasional RSJ.Dr.H. Marzorki Mahdi (PKJN-RSJMM) Bogor. 
250 peserta yang terdiri dari unsur : Dinsos, Dinkes, Disdukcapil, BPJS, Kesra, Forum Relawan, Puskesmas, Kecamatan, Desa, TKSK, PSM, Satgas PSKS, Keluarga, ODGJ, serta PKJN-RSJMM, hadir memadati lokasi kegiatan sejak Pkl.08.00 pagi, dengan satu tujuan yaitu : Pemeriksaan, Evakuasi dan Antar Jemput Gratis untuk dapat Pengobatan Gratis oleh Dinsos Kab.Cirebon bersama PKJN-RSJMM Bogor. Hadir pula untuk menyaksikan kesuksesan acara yaitu, : Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Disdukcapil, Kepala BPJS, beserta tamu undangan lainya dari berbagai lintas sektor di Kab.Cirebon.
Kepala Dinas Sosial Kab.Cirebon, yaitu : Dra. Indra Fitriani, MM., yang dampingi oleh Lili Marliyah, AKS., MM., sebagai Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, membuka acara Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat, Pemeriksaan & Evakuasi Masal ODGJ Berat, Antar Jemput Gtatis Se-Kab.Cirebon, : 
"Hari ini sangat luar biasa, dimana para Penyandang Disabilitas Mental dikumpulkan disini untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan Gratis dari RSJ Marzoeki Mahdi Bogor".
Ketua rombongan Tim Medis Jiwa yang mewakili Direksi PKJN-RSJMM, yaitu Iyep Yudiana, SKM. MKM., menyampaikan Edukasi Kesehatan Jiwa, dihadapan seluruh peserta yang hadir, "Paska rawat nanti, diharapkan pasien didampingi untuk minum obatnya secara teratur, kontrol rutin, komunikasi yang aktif, aktifitas secara bertahap dan sosialisasi kembali ke masyarakat".
PKJN-RSJMM, menerjunkan 10 anggota Tim Medis, yang di pimpin oleh dr.Rinintha Mardiani, Sp.KJ., sebagai Psikiater dan dr.Joan Sandra, sebagai Dokter IGD, beserta tim lainnya dari bagian Petawat IGD, Perawat ruangan jiwa, Penyuluh Kesehatan, Pekerja Sosial Medis, Administrasi, dll, yang berhasi memeriksa dan menetapkan 32 ODGJ untuk dilakukan perawatan, pengobatan dan direhabilitasi selama 2 minggu lebih di PKJN-RSJMM. 

Akhirnya, waktu yang ditunggu-tunggu pun segera tiba, dimana ke-32 ODGJ, diperiksa saku baju dan saku celananya serta barang bawaannya. Diantara ODGJ yang diperiksa, ada yang kedapatan membawa uang dalam jumlah yang lumayan banyak, membawa Al-Quran besar, rokok, cincin, gelang, kalung, dompet, barang-barang bekas, dll, yang kemudian diberikan kepada keluarganya. 
Ke-32 ODGJ akhirnya masuk ke dalam armada bis dengan berkapasitas 30 penumpang yang telah disiapkan oleh petugas PKJN-RSJMM. 
Satu persatu ODGJ masuk kedalam bis setelah sebelumnya dipasangkan nama dan gelang  pasien dan minum obat anti mabok kendaraan. Dengan penuh rasa haru dan bangga, semua peserta mengiringi kepergian bis yang membawa ke-32 ODGJ, dengan bacaan "Bissmillahi Rohmani Rahiim", yang perlahan mulai meninggalkan Aula Rumah Singgah Dinsos Kab.Cirebon menuju PKJN-RSJMM Bogor. Tepat Pkl.21.00 WIB, ke-32 ODGJ Kab.Cirebon, tiba di Bogor dengan selamat dan langsung menempati 7 ruang rawat yang telah dipersiapkan PKJN-RSJMM. 

BY PKRS PKJN RSJMM
editor : yr
TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita Terbaru Update